Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
Kelas/
Program : XII MIPA/IPS/Bahasa
Hari/Tanggal :
........./.......................
Tahun Ajaran : 2017-2018
I.
Pilihan Jawaban yang paling benar dan tepat dari pertanyaan
berikut ini!
1. Bacalah
kutipan Injil Matius 25:14-30 dan jawablah pertanyaan yang diberikan!
25:14 "Sebab hal Kerajaan
Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian n ke
luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada
mereka. 25:15 Yang seorang diberikannya
lima talenta 1 ,
yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut
kesanggupannya, o lalu
ia berangkat. 25:16 Segera pergilah hamba yang
menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima
talenta. 25:17 Hamba yang menerima dua
talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. 25:18 Tetapi hamba yang menerima
satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan
uang tuannya. 25:19 Lama sesudah itu pulanglah
tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. p 25:20 Hamba yang menerima lima
talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima
talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima
talenta. 25:21 Maka kata tuannya itu
kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau
telah setia dalam perkara q kecil,
aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah
dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. 25:22 Lalu datanglah hamba yang
menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku;
lihat, aku telah beroleh laba dua talenta. 25:23 Maka kata tuannya itu
kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau
telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara r yang
kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.
Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. 25:24 Kini datanglah juga hamba
yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah
manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang
memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. 25:25 Karena itu aku takut dan
pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan
tuan! 25:26 Maka jawab tuannya itu: Hai
kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di
tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak
menanam? 25:27 Karena itu sudahlah
seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya
sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. 25:28 Sebab itu ambillah talenta
itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta
itu. 25:29 Karena setiap orang yang
mempunyai 2 ,
kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak
mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. s 25:30 Dan campakkanlah hamba yang
tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat
ratap dan kertak gigi. t "
Dari bacaan di atasmaknayang
tepatdalamupayamengembangkantalentaadalah… .
A.
hamba yang berhasil adalah yang
mampu
mengembangkan 5 talenta menjadi 10 talenta
B.
talenta seseorang akan dapat berkembang dengan maksimal jika mendapatkan banyak talenta
C.
banyak dan sedikitnya talenta sangat berpengaruh terhadap pengembangant alenta
D.
bukan berapa banyaknya talenta tetapi kemurahan tuannya yang
paling penting
E.
talenta yang diberikan harus dikembangkan dengan penuh tanggungjawab
2. Bacalah
wacana berikut ini!
Liputan6.com, Jakarta Isu diskriminasi
ras semakin marak dibicarakan publik dan semakin sering
dialami oleh anak-anak khususnya yang duduk di bangku SMP. Kendati sudah
menjadi topik yang hangat diperbincangkan di tengah masyarakat, namun
pengetahuan mereka soal pelaku diskriminasinya masih samar-samar.
Kebanyakan akan berpikir bahwa aksi diskriminasi lebih sering dilakukan oleh seorang anak ke anak lainnya. Tetapi faktanya, sebetulnya justru mereka yang bekerja untuk menyajikan jasa pelayanan masyarakat seperti polisi lalu yang berada di ranah pendidikan seperti gurulah yang sayangnya lebih sering menjadi pelaku diskriminasi.
Kebanyakan akan berpikir bahwa aksi diskriminasi lebih sering dilakukan oleh seorang anak ke anak lainnya. Tetapi faktanya, sebetulnya justru mereka yang bekerja untuk menyajikan jasa pelayanan masyarakat seperti polisi lalu yang berada di ranah pendidikan seperti gurulah yang sayangnya lebih sering menjadi pelaku diskriminasi.
Penelitian yang dilakukan sekelompok peneliti di University
of Texas, Austin, AS menemukan fakta bahwa murid SMP yang sering didiskriminasi
guru karena rasa tau kulitnya dipandang sebagai golongan minoritas kemungkinan
besar lebih memilih untuk tidak melanjutkan jenjang pendidikannya ketingkat
universitas.
Menurut pemimpin dari penelitian tersebut, David Yeager, keputusan anak untuk tidak lanjut kuliah bukan dampak langsung dari perlakuan buruk guru terhadapnya semasa SMP. Namun yang membuatnya enggan dan trauma adalah ketidakpercayaan yang kadarnya begitu besar terhadap guru.
“Temuan penelitian kami menunjukan bukan aksi diskriminasi yang membuat murid tak mau masuk kuliah, tapi efek dari aksi diskriminasi itu yang pahitnya dirasakan hari demi hari olehnya,” tuturnya saat diwawancarai Reuters, mengutip Kamis (9/2/2017).
Menurut pemimpin dari penelitian tersebut, David Yeager, keputusan anak untuk tidak lanjut kuliah bukan dampak langsung dari perlakuan buruk guru terhadapnya semasa SMP. Namun yang membuatnya enggan dan trauma adalah ketidakpercayaan yang kadarnya begitu besar terhadap guru.
“Temuan penelitian kami menunjukan bukan aksi diskriminasi yang membuat murid tak mau masuk kuliah, tapi efek dari aksi diskriminasi itu yang pahitnya dirasakan hari demi hari olehnya,” tuturnya saat diwawancarai Reuters, mengutip Kamis (9/2/2017).
Dari wacana di atas sikap-sikap diskriminatif dapat
dieliminir dengan sebuah contoh sikap menghargai orang lain yakni… .
A. guru harus memberi
apresiasi lebih kepada siswa yang berprestasi dibandingkan yang tidak
berprestasi
B. siswa yang kurang
aktif harus dihargai dengan tidak memberi kesempatan berpendapat
C. sekolah harus menciptakan iklim yang sehat untuk persaingan yang sangat ketat
D. guru memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa-siswinya
E. sekolah harus membuat aturan yang ketat agar siswa yang
baik menjadi semakin tidak baik
3. Bacalah dokumen Gereja GS art. 12 berikut ini!
Di lubuk hatinya manusia menemukan hukum, yang tidak
diterimanya dari dirinya sendiri, melainkan harus ditaatinya. Suara hati itu selalu
menyerukan kepadanya untuk mencintai dan melaksanakan apa yang baik, dan untuk
menghindari apa yang jahat. Bila mana perlu, suara itu menggema dalam lubuk
hatinya: jalankanlah ini, elakkanlah itu. Sebab dalam hatinya manusia menemukan
hukum yang ditulis oleh Allah. Martabatnya ialah mematuhi hukum itu, dan
menurut hukum itu pula ia akan diadili. Hati nurani ialah inti manusia yang
paling rahasia, sanggar sucinya; di situ ia seorang diri bersama Allah, yang
sapaan-Nya menggema dalam batinnya. Berkat hati nurani dikenallah secara ajaib
hukum, yang dilaksanakan dalam cinta kasih terhadap Allah dan terhadap sesama.
Berdasarkan dokumen di atas arti suara hati adalah… .
A.
hukum
yang harus ditaati karena dengan hokum itu manusia akan diadili
B. hukum ajaib yang
diberikanTuhan agar manusia dapat terhindar dari bahaya
C. suara
yang mendorong melakukan yang baik dan menghindari yang
jahat
D.
tempat yang paling rahasia karena setiap orang
diberikan
hati
nurani yang berbeda
E.
hukum
cintakasih yang menjadikan manusia tidak bisa jatuh dalam dosa karenanya
4.
Genie seorang negro, bekerja sebagai pelayan restoran di Los Angeles. Ia
bekerja untuk menghidupi keluarganya dan dua orang anaknya. Pada suatu hari,
dia melihat uang sebesar 250.000 dolar jatuh dari tas seorang ibu yang kebetulan
sedang makan di retoran tempat ia bekerja. Pada saat itu ada suara lain yang
berbisik agar Genie menggunakan uang itu untuk membelikan susu anaknya. Tetapi
ia gelisah karena ia sadar bahwa ia salah. Maka ia bergegas mengembalikan uang
itu pada siempunya. Ia merasa bahwa Allah hadir dalam hatinya menyadarkan
perbuataanbaik yang harusdialakukan.
Pergulatan
Genie menggunakan suara hatinya menunjukkan bahwa:
A.
Suara hati sama dengan norma susila Suara hati bisa
keliru
B.
Suara hati adalah perasaan belaka yang
ada dalam diri kita
C.
Suara hati akan selalu menunjukkan hal yang
menguntungkan
diri
kita
D.
Suara hati sama dengan norma susila
E.
Suara hati adalah sanggar suci
Allah
5. Perhatikan artikel dibawah ini :
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkembangan media sosial sudah
semakin pesat, tak hanya pada kalangan dewasa dan remaja, bahkan saat ini
anak-anak sudah banyak yang kecanduan media sosial. Tak jarang sebagian
besar waktu mereka digunakan untuk membuka sosial media seperti Facebook,
Twitter, Path, Instagram, dan lainnya.
Sebagai aplikasi
media sosial hal ini tentu saja membawa banyak dampak baru dalam perkembangan
remaja dan anak-anak, baik dampak negatif maupun positif.Berikut berbagai
dampak negatif media sosial dalam kehidupan sehari-hari bagi remaja dan
anak-anak, dilansir dari berbagai sumber.
1. Cyber Bullying
Perpeloncoan terutama di kalangan pelajar yang menggunakan media seperti Facebook banyak melahirkan perundungan cyber yang sama depresif akibatnya seperti perundungan pada umumnya.
Perpeloncoan terutama di kalangan pelajar yang menggunakan media seperti Facebook banyak melahirkan perundungan cyber yang sama depresif akibatnya seperti perundungan pada umumnya.
2. Memicu Kejahatan
Media sosial bisa menjadi lahan bagi predator untuk melakukan kejahatan.Anak-anak bahkan remaja belum tentu bisa mengidentifikasi orang yang dikenal melalui meda sosial menggunakan identitas asli atau palsu.Bisa jadi "teman" dalam media sosial merupakan kumpulan atau orang yang berniat melakukan tindak kejahatan.
Media sosial bisa menjadi lahan bagi predator untuk melakukan kejahatan.Anak-anak bahkan remaja belum tentu bisa mengidentifikasi orang yang dikenal melalui meda sosial menggunakan identitas asli atau palsu.Bisa jadi "teman" dalam media sosial merupakan kumpulan atau orang yang berniat melakukan tindak kejahatan.
3. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
4. Komunikasi Buruk
Semakin anak kecanduan media sosial, ia hanya akan mementingkan diri sendiri. Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain juga bisa menghilang. Hal ini karena anak-anak dan remaja tersebut tidak pernah berhubungan dengan masyarakat sekitar.Pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, juga menjadi berkurang.
Semakin anak kecanduan media sosial, ia hanya akan mementingkan diri sendiri. Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain juga bisa menghilang. Hal ini karena anak-anak dan remaja tersebut tidak pernah berhubungan dengan masyarakat sekitar.Pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, juga menjadi berkurang.
5. Ancaman Ujaran Kebencian
Penggunaan agama untuk kepentingan politik, seruan kebencian pada golongan minoritas, sampai praktek-praktek tingkah laku yang kasar, penuh kebencian sering hadir sehari-hari dalam genggaman tanpa saringan.Jika tak bisa memilah sejumlah informasi tersebut, anak-anak dan remaja rentan terhadap provokasi ujaran kebencian.
Penggunaan agama untuk kepentingan politik, seruan kebencian pada golongan minoritas, sampai praktek-praktek tingkah laku yang kasar, penuh kebencian sering hadir sehari-hari dalam genggaman tanpa saringan.Jika tak bisa memilah sejumlah informasi tersebut, anak-anak dan remaja rentan terhadap provokasi ujaran kebencian.
6. Perkembangan Emosi
Pada remaja, perkembangan emosi tidak terlepas dari interaksinya dari lingkungan sosial.Bila lingkungan sosial yang ada di sekeliling remaja berupa lingkungan sosial yang "virtual" dan tidak pada kenyataannya, maka perkembangan emosi remaja juga cenderung tidak kuat.
Pada remaja, perkembangan emosi tidak terlepas dari interaksinya dari lingkungan sosial.Bila lingkungan sosial yang ada di sekeliling remaja berupa lingkungan sosial yang "virtual" dan tidak pada kenyataannya, maka perkembangan emosi remaja juga cenderung tidak kuat.
7. Perkembangan Fisik
Terlalu banyak menggunakan internet dapat menyebabkan perkembangan fisik remaja mengalami physical decline.Contohnya problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala bahkan pengelihatan kabur.Selain gangguan tersebut, kecanduan media sosial juga bisa mengakibatkan obesitas pada anak-anak dan remaja karena berkurangnya aktifitas fisik.
Terlalu banyak menggunakan internet dapat menyebabkan perkembangan fisik remaja mengalami physical decline.Contohnya problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala bahkan pengelihatan kabur.Selain gangguan tersebut, kecanduan media sosial juga bisa mengakibatkan obesitas pada anak-anak dan remaja karena berkurangnya aktifitas fisik.
8.MengumbarRahasia
Media sosial kerap menjadi lahan untuk mengungkapkan isi hati. Bukan hanya remaaj dan anak-anak, bahkan orang dewasa sering tidak menyadari, media sosial justru menjadi media untuk mengumbar aib.Banyak hal yang semestinya bukan bagian dari informasi publik seperti rahasia pribadi yang dibagikan oleh pemilik akun media sosial. (*)
Media sosial kerap menjadi lahan untuk mengungkapkan isi hati. Bukan hanya remaaj dan anak-anak, bahkan orang dewasa sering tidak menyadari, media sosial justru menjadi media untuk mengumbar aib.Banyak hal yang semestinya bukan bagian dari informasi publik seperti rahasia pribadi yang dibagikan oleh pemilik akun media sosial. (*)
Berdasarkan artikel
tersebut yang merupakan dampak negatif-konstruktif dari penggunaan media bagi
kaum muda adalah ....
A.
Memudahkan remaja
untuk sharing atau berbagi.
B.
Remaja akan
termotivasi untuk belajar mengembangkan diri.
C.
memiliki semakin banyak
jejaring sosial hingga sampai lupa waktu.
D.
Bisa di jadikan
tempat iklan bagi remaja yang melakukan usaha online.
E.
Memudahkan dalam
memperoleh informasi secara lebih cepat dan mudah.
6. Berikut ini yang
termasuk penggelompokkan Kitab Suci Perjanjian Lama yang benar adalah....
A.
Kitab
Para Rasul, Kitab Kebijaksanaan dan Kitab Raja-Raja
B.
Kitab
Sejarah, Kitab Kebijaksanaan, dan Kitab Nabi-Nabi
C.
Kitab Sejarah, Kitab Raja-Raja dan Kitab Kebijaksanaan
D. Kitab Sejarah,
Kitab Para Rasul dan Kitab Kebijaksanaan
E.
Kitab
Para Nabi, Deuterokanonika dan Kitab Para Rasul
7. Nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus pada zaman
sekarang dapat di lihat seperti dibawah ini, yakni ....
A.
Kerajaan Allah hadir didunia hanya dirasakan oleh orang-orang yang dekat
dengan-Nya saja.
B. Kerajaan Allah hadir maka akan ada suatu
masyarakat yang bebas sama sekali dari unsur-unsur roh jahat, serta ada
persekutuan yang sempurna dengan Allah.
C. Kerajaan Allah hadir bagi yang telah mengalami sukacita dan damai sejahtera
Ilahi maka ia berani untuk mati.
D. Kerajaan Allah yang hadir bagi umat kristiani tetapi bertingkah-laku
seperti orang dunia yang meremehkan firman Tuhan.
E. Kerajaan Allah hadir saat dimana sifat dan sikap manusia semakin mementingkan
diri sendiri dan akibatnya perbuatannya kian tidak manusiawi demi mencapai apa
yang diinginkannya.
8. Salah satu contoh makna kebangkitan Yesus bagi
kehidupan kita zaman sekarang adalah ....
- kita disucikan tanpa proses pertobatan
- tubuh kita bangkit bersama Yesus ke surga
- percaya bahwa Yesus adalah manusia biasa
- lebih bersemangat dalam hidup dan belajar
- lebih mengetahui bahwa setelah wafat ada bangkit
9. Salah satu contoh
peran Roh Kudus dalam kehidupan kita sehari-hari adalah ... .
- melaksanakan tugas secara terburu-buru
- mengerti bahasa-bahasa asing
- rajin membawa Kitab Suci ke mana pun
- mencari pembenaran setiap tindakan
- membangkitkan semangat dalam belajar
10.
Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1. Roh
kebijaksanan
2. Roh
pengertian
3. Roh Nasehat
4. Roh takut
akan Tuhan
5. Roh
keperkasaan
Dari Pernyataan
di atas yang merupakan karunia Roh Kudus seperti tertulis dalam Kitab Yesaya 11
: 2 ialah ....
A. 1, 2, 4, 5, 3
B. 1, 3, 4, 2, 5
C. 1, 3, 4, 5, 2
D. 1,
2, 3, 4, 5
E.
2, 3, 4, 5,
1
11. Konsekuensi dari pandangan
Gereja sebagai umat yang mengumat bagi setiap anggota umat adalah…
A. Menyadari fungsi pimpinan sebagai fungsi pelayanan.
B. Harus peka terhadap kebutuhan pimpinan Gereja.
C. Menunggu perintah dari pimpinan Gereja.
D. Menggunakan karisma dan karunia untuk menguasai Gereja.
E. Harus aktif dalam kehidupan mengumat.
A. Menyadari fungsi pimpinan sebagai fungsi pelayanan.
B. Harus peka terhadap kebutuhan pimpinan Gereja.
C. Menunggu perintah dari pimpinan Gereja.
D. Menggunakan karisma dan karunia untuk menguasai Gereja.
E. Harus aktif dalam kehidupan mengumat.
12. Gereja pada hakekatnya merupakan
umat Allah. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri umat Allah, ialah ....
A. Gereja hadir untuk menyelamatkan diri sendiri.
B. Allah memilih
umatNya untuk menyelamatkan dunia
C. Hubungan Allah dengan manusia dimeterai
dengan perjanjian cinta kasih.
D. Selalu dalam perjalanan menuju peziarahan
tanah terjanji
E. Inisiatif pertama datang dari Allah sendiri.

Gambar segi tiga di atas lebih menunjukkan ciri model
Gereja...
A. Hirarkis
B. Institusional
C. Piramidal
D. Persekutuan yang
hirarkis
E. Persekutuan umat yang terbuka
14.
Pehatikan
peryataan berikut!
1. Kesatuan iman para angotanya
2. Kesatuan dalam pelayanan
3. Kesatuan dalam pimpinannya, yaitu hierarki
4. Kesatuan dalam jemaat
5. Kesatuan dalam kebaktian dan kehidupan sakramental
Yang merupakan ciri-ciri Gereja yang bersifat satu terungkap dalam ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 1, 3, 4
E. 1, 2, 5
1. Kesatuan iman para angotanya
2. Kesatuan dalam pelayanan
3. Kesatuan dalam pimpinannya, yaitu hierarki
4. Kesatuan dalam jemaat
5. Kesatuan dalam kebaktian dan kehidupan sakramental
Yang merupakan ciri-ciri Gereja yang bersifat satu terungkap dalam ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 1, 3, 4
E. 1, 2, 5
15. Usaha-usaha dalam memperjuangkan
perwujudan Gereja yang kudus dengan cara ...
A. lebih bersifat jujur dan terbuka satu sama lain.
B. sikap terbuka dan menghormati kebudayaan, adat istiadat.
C. menafsirkan dan mengevaluasi situasi konkret kita dengan
iman Gereja para rasul.
D. merenungkan dan mendalami kitab suci, khususnya ajaran dan hidup
Yesus.
E. bekerjasama dengan pihak manapun yang berkehendak baik
mewujudkan nilai luhur.
16.
Dalam Konsili vatikan II tidak lagi memusatkan Gereja sebagai kelompok manusia
yang terbatas, melainkan kepada Gereja sebagai sakramen Roh Kristus.
"kekhatolikan" Gereja berarti bahwa pengaruh dan daya pengudus Roh
tidak terbatas pada para anggota Gereja saja, melainkan juga terarah kepada seluruh
dunia. dengan sifat "katolik" dimaksudkan bahwa Gereja mampu mengatasi
keterbatasannya sendiri karena Roh yang berkarya di dalamnya. Oleh karena itu
yang "katolik" bukanlah hanya Gereja universal, melainkan juga setiap
anggotanya sebab di dalam jemaat hadirlah seluruh Gereja.
Berdasarkan pengertian diatas maka di
bawah ini contoh penerapan kekatolikkan gereja dalam hidup sehari-hari yaitu
....
A.
Sikap terbuka dan berjuang mewujudkan
nilai-nilai luhur di dunia ini.
B.
Setia dalam mempelajari Injil yang merupan iman Gereja
para Rasul.
C.
Selalu hidup dalam kesatuan dalam kebaktian dan
kehidupan sakramen.
D.
Saling member kesaksian hidup sebagai putra-putri
Allah.
E.
gereja
didirikan oleh para Rasul dan kita harus loyal kepada Gereja.
17.
Dibawah ini merupakan corak kepemimpinan.
1. Merupakan
panggilan khusus dimana campur tangan Tuhan merupakan unsur dominan.
2. Melayani
demi suatu imbalan dan penghargaan.
3. Mengabdi
dan melayani dalam arti semurni-muninya meskipun mempunai wewenang dari Kristus
sendiri.
4. Kepemimpinan
hierarki berasal dari Tuhan maka tidak dapat dihapus oleh manusia.
5. Tugas yang harus
diemban dengan sepenuh hati.
Yang merupakan corak kepemimpinan dalam
gereja adalah ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 3,
4
C. 1, 2, 4
D. 1, 3, 5
E. 1, 2, 5
18. Perhatikan kutipan dokumen di bawah ini:
“Yang dimaksud dengan istilah awam disini ialah semua orang beriman
kristiani kecuali mereka yang termasuk golongan imam atau status religius yang
diakui dalam Gereja. Jadi kaum beriman kristiani, yang berkat Baptis telah
menjadi anggota Tubuh Kristus, terhimpun menjadi Umat Allah, dengan cara mereka
sendiri ikut mengemban tugas imamat, kenabian dan rajawi Kristus, dan dengan
demikian sesuai dengan kemampuan mereka melaksanakan perutusan segenap Umat Kristiani
dalam Gereja dan di dunia.” (LG art 31)
Berdasarkan
LG 31, yang dimaksud dengan awam adalah ...
A. Imam, Uskup, Paus
B. Hierarki dan biarawan/wati
C. Setiap orang yang dibaptis
secara Katolik dan tidak menerima tahbisan suci
D. Setiap orang yang dibaptis secara
Katolik dan menerima tahbisan suci
E.
Setiap orang
yang dibaptis secara Katolik dan menyatakan kaul
19.
Perayaan iman merupakan
pengungkapan iman gereja, di mana orang yang ikut dalam perayaan iman mengambil
bagian dalam misteri yang dirayakan yang
biasanya disebut sebagai....
- devosi
- pemberkatan
- sakramentali
- pentahbisan
- liturgi
20.
Kegiatan suatu kelompok umat, dimana peserta aktif berkomunikasi untuk
menafsirkan hidupnya dalam terang injil disebut …..
- kotbah atau homili.
- pelajaran agama
- katekese Umat
- pembacaan Kitab Suci
- pendampingan katekumen.
21. Disajikan data sebagaiberikut :
1.
Segenap
keluarga manusia beserta kenyataan-kenyataan semesta yang menjadi lingkungan hidupnya.
2.
Dunia yang mementaskan sejarah umat manusia yang ditandai oleh jerih payahnya, kekalahan serta kejayaannya.
3.
Dunia yang dilestarikan oleh Sang Pencipta
4.
Dunia yang memang berada dalam perbudakan dosa yang
dibebaskan oleh Kristus.
5.
Dunia yang terbatas pada putera-puteri Gereja yang menyerukan nama Kristus.
Dari data
pernyataan diatas, yang menunjukkan Pemahaman Gereja tentang dunia menurut
Konsili Vatikan II adalah ….
A. 1,
2, 3, 4
B. 1, 2, 3, 5
C. 1, 2, 4, 5
D. 1, 3, 4, 5.
E.
1, 3, 4, 5
22.
Arti
Ajaran Sosial Gereja adalah . . . .
A. ajaran yang
dikeluarkan oleh Gereja untuk mengatasi persoalan-persoalan umat manusia.
B. ajaran untuk menanggapi fenomena-fenomena
umat manusia melaui kritik dan saran.
C. keprihatinan Gereja terhadap masalah dunia yang dituangkan dalam bentuk Ajaran Sosial Gereja.
D. ajaran mengenai Hak Asasi Manusia agar tercipta
keadilan dan perdamaian di dunia.
E. ajaran mengenai hak dan kewajiban berbagai anggota masyarakat dalam hubungannya dengan kebaikan bersama.
23. Peran gereja Katolik dalam menangani
masalah penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja saat ini antara lain, yakni
....
A.
Bersikap tidak peduli dengan masalah
penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja saat ini dan diserahkan sepenuhnya
kepada pihak yang berkepentingan terhadap persoallan ini.
B.
Lebih mengedepankan asas tak
bersalah bagi pengedar narkoba yang pada dasarnya telah merusak generasi muda saat
ini.
C.
Menghimbau saja tanpa ada
tindakan-tindakan yang bisa menjerat pengedaran narkoba untuk dihukum yang
seberat-beratnya bagi para pelaku tersebut.
D. Memutuskan mata rantai permintaan atau distribusi
Narkoba dengan cara memperkuat pertahanan keluarga dan pembinaan remaja di
tingkat lingkungan, wilayah, dan paroki.
E.
Melakukan tindakan pemantauan yang seperlunya saja tanpa melakukan
pencegahan-pencegahan yang terstuktur dan sistematis atas penyalahgunaan
narkoba dikalangan remaja saat ini.
24.
Banyak pergeseran nilai – nilai perkawinan
pada akhir – akhir ini, menyangkut paham dan penghayatan perkawinan itu
sendiri.
Sifat
– sifat perkawinan Sakramental, adalah ....
A. cinta abadi
dan saling setia
B.
monogami dan tidak terceraikan
C. laki
- laki akan meninggalkan
ayah dan ibunya,
D. saling
setia dan saling membahagiakan
E. saling
berkorban dan saling menghargai
25.
Bacalah kutipan kitab hukum kanonik di bawah ini!
Kan. 1055 § 1Perjanjian (foedus)
perkawinan, dengannya seorang laki-laki dan seorang perempuan membentuk antara
mereka persekutuan (consortium)
seluruh hidup, yang menurut ciri kodratinya terarah pada kesejahteraan
suami-istri (bonum coniugum) serta
kelahiran dan pendidikan anak, antara orang-orang yang dibaptis, oleh Kristus
Tuhan diangkat ke martabat sakramen.
Berdasarkan kutipan KHK tersebut, yang
menjadi makna dari perkawinan Gereja Katolik adalah … .
A. Perkawinan Katolik merupakan perkawinan dua orang yang
beragama Katolik
B. Perkawinan Katolik merupakan
perkawinan yang tak terceraikan namun dapat dibatalkan
C. Perkawinan Katolik selalu mengarahkan pada kesejahteraan
suami-istri yaitu memiliki anak
D. Perkawinan Katolik bersifat monogam, tak terceraikan dan
hanya maut yang dapat memisahkan
E. Perkawinan Katolik sebagai perjanjian yang
mengungkapkan dimensi personal dari hubungan suami-istri
26. Perhatikan peryataan di bawah
ini :
1) Tidak merendahkan martabat istri
atau suami. Misalnya, suami-istri tidak boleh dipaksa untuk menggunakan salah
satu metode.
2) Bahwa setiap tindakan perkawinan
(maksudnya terutama sanggama) harus terbuka untuk penurunan hidup pasangan
suami–istri tersebut.
3) Tidak berlawanan dengan hidup
manusia. Jadi, metode-metode yang bersifat abortif jelas ditolak.
4)
Keluarga berencana alamiah juga ambil bagian dalam karya Allah, sehingga
prokreasi bukan menjadi bagian yang terpenting dalam hubungan keluarga.
5) Dapat dipertanggungjawabkan
secara medis, tidak membawa efek samping yang menyebabkan kesehatan atau nyawa
ibu berada dalam bahaya.
Berdasarkan peryataan-peryataan diatas manakah penilaian
moral Gereja Katolik tentang metode-metode KB yang benar pada umumnya ....
A.
1,2,3
B.
1,3,5
C.
2,3,4
D.
2,4,5
E.
3,4,5
27. Cermati
peryataan dibawah ini :
1.
Surat Baptis yang sudah diperbaharui
2. Fotocopy
Sertifikat Kursus Persiapan Perkawinan 1 (satu) lembar.
3. Menandatangani
Formulir Perjanjian Pihak Katolik.
4. Mengisi Surat
Keterangan Status Liber (Status Bebas) dan ditandatangani oleh dua orang saksi
(boleh beragama Katolik atau Non-Katolik).
5. Pasfoto ukuran 3 x
3 cm untuk Buku Keluarga Kita masing-masing 2 (dua) lembar.
Berdasarkan pernyataan-pernyataan
diatas. Mana yang termasuk persyaratan dalam perkawinan campur yakni ....
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 5
E.
5 dan 1
28. Cermati peryataan dibawah ini :
1. Ikatan perkawinan sebelumnya
(Kanon 1085)
2. Tidak cukup umur (Kanon 1083)
3. Impotensi seksual yg bersifat
tetap (Kanon 1084)
4. Penculikan (Kanon 1089)
5. Hubungan darah dlm garis lurus,
baik ke atas maupun ke bawah (Kanon 1091 §1)
6. Kaul kemurnian publik dan kekal
dlm tarekat religius (Kanon 1088)
Berdasarkan
pernyataan-pernyataan diatas. Mana yang termasuk halangan yang bisa mendapat dispensasi dari Gereja yakni ....
A.
1,2,3
B.
1,3,5
C.
2,4,6
D.
2,3,4
E.
3,4,5
29. Berdasarkan
ajaran Konsili Vatikan II, khususnya Gaudium et Spes artikel 52 mengenai
tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Manakah tanggung jawab dari seorang
ayah itu, yakni ...
A. tanggungjawabnya hanya belajar saja.
B. menyediakan makanan buat keluarga.
C. mematuhi segala perintah dan larangan dari orangtua.
D. bekerja untuk kebutuhan keluarga.
E. merawat dan membersihan rumah.
30. Pengertian dari
inti makna hidup selibat/membiara adalah………..
A. orang yang hidup menyendiri demi pelayanannya
B. orang yang terpanggil dan mempersembahkan
hidupnya kepada Tuhan
C. orang yang mengolah laku tapa hidup rohaninya
D. orang yang trauma akan hidup perkawinan
E. orang yang mengalami kegagalan hidup berkeluarga
31. Makna utama dari kaul ketaatan adalah supaya para
biarawan-biarawati sungguh sungguh
menghayati dan berjanji untuk … .
A. Patuh
Kepada Pimpinan, Rela Membaktikan Diri Kepada Kerasulan Bersama
B. Melepas Hak
Untuk Hidup Berkeluarga Demi Kerajaan Allah
C. Rela
Menyumbangkan Segala Kemampuan Dan Seluruh Kehidupannya
D. Tidak
Mempedulikan Harta Benda Duniawi Karena Terpusat Pada Tuhan
E. Tidak
Terlalu Terikat pada kehidupan duniawi yang dapat mengganggu pelayanan
32. Sebagai manusia yang diciptakan
berpasang-pasangan antara pria dan wanita untuk saling bekerjasama untuk
mengembangkan bakat-bakat khas mereka dan kepribadian mereka masing-masing
sebagai pasangan suami-istri dalam gereja Katolik. Berdasarkan pemahaman diatas
maka tujuan perkawinan Katolik dapat dirumuskan sebagai berikut, ialah ....
A. Mewujudkan sebuah keluarga yang sakinah-mawadah-warokah yang saling
melengkapi antara satu dengan yang lain
B. Membantu satu sama lain dan membiarkan diri dibantu oleh pasangan dalam
perjalanan hidup menuju kebahagiaan didunia dan akhirat.
C.
Membentuk kehidupan bersama yang saling melengkapi dan
mengasihi demi meneruskan keturunan semata.
D.
Mewujudkan suasana aman, tentram, dan bahagia dalam kebersamaan
antar suami istri demi menjalankan ajaran agama semata-mata.
E.
Membentuk keluarga yang bahagia tetap dan sejahtera
demi merealisasikan kebutuhan seksual semata.
33. Dalam
menjaga hubungan baik antar umat beragama, oleh Gereja ditetapkan dalam sebuah
dokumen.
Berikut ini
adalah dokumen Gereja, yang mendasari
hubungan baik antar umat Katolik dengan umat – umat pemeluk Agama
lain,.....
A. Rerum Novarum
B. Dokumen Konsili Vatikan II
C. Lumen Gentium Art. 32
D. Nostra Aetate Art. 2
E. UUD 45 pasal 29 ayat 1 dan 2
34. Perdamaian yang
dimaksud Gereja tidak hanya berarti tidak ada peperangan. Jadi pengertian
perdamaian menurut ajaran gereja ialah ....
A. tidak adanya kehancuran secara fisik dan jasmani.
B. tidak adanya kehancuran secara Rohani.
C. situasi selamat sejahtera dalam diri manusia.
D. adanya kesejahteraan pribadi dan masyarakat.
E. adanya
keinginan dalam mencari ketenangan hidup
35. Perhatikan pernyataan-peryataan
dibawah ini:
1. Keadilan yang merata
2. Kewajiban
3. Penghormatan atas martabat manusia
4. Ketidakadilan sosial
5. Keserakahan hidup
6. Menghormati Perbedaan SARA
1. Keadilan yang merata
2. Kewajiban
3. Penghormatan atas martabat manusia
4. Ketidakadilan sosial
5. Keserakahan hidup
6. Menghormati Perbedaan SARA
Jawaban yang benar dari
tindakan-tindakan yang
sesuai dan
diwujudkan dalam menciptakan masyarakat yang damai dalam kehidupan bermasyarakat.yakni....
A. 1.2,3
B. 1,3,6
C. 2,4,5
D. 2,3,5
E. 3,5,6
A. 1.2,3
B. 1,3,6
C. 2,4,5
D. 2,3,5
E. 3,5,6
36.
Akibat
berbohong bagi orang yang dibohongi, adalah :.....
A. Orang
yang dibohongi akan bertindak salah bahkan fatal bagi dirinya sendiri atau bagi
orang lain
B. Orang yang dibohongi akan
merasa senang karena merasa hidupnya berhasil
C. Orang yang dibohongi akan
menyelamatkan orang lain
D. Orang yang dibohongi akan
merasa senang karena dirinya akan selamat
E. Orang akan cenderung
mengajak orang lain untuk berbohong
37. Salah satu contoh tindakan nyata dalam kehidupan
sehari-hari yang bertujuan untuk menjaga persatuan Bangsa Indonesia adalah ....
A. Menyebarkan berita Suku,Agama,Ras,Adat
Istiadat(SARA) di media sosial
B. Mengumbar kesalahan orang
lain sehingga membuat semua orang tahu akan permasalahan yang terjadi.
C. Mengikuti
kegiatan gotong royong, siskamling, rapat RT/RW di sekitar lingkungan rumah
D. Mengejek dan
menjelek-jelekan suku atau RAS dari golongan tertentu
E. Menjunjung tinggi adat dan
istiadat dan menganggap suku lain tidak benar.
38. Bangsa Indonesia merupakan bangsa besar yang
memiliki karakteristik menonjol, yaitu terletak pada kemajemukan masyarakatnya.
Karakteristik tersebut menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang istimewa, kaya
akan nilai sejarah dan budaya. Sebagai warga Negara Indonesia, cara/sikap yang
dapat kita lakukan dalam keberagaman tersebut adalah ...
A.
Membanding-bandingkan agama dan suku satu dengan yang
lainnya
B.
Marah dan tidak terima saat orang lain memberikan saran
karena dari suku yang berbeda
C. Bangga
dan menjaga keunikan Bangsa dihadapan bangsa lainnya
D.
Melupakan sejarah adat istiadat yang dimiliki dan lebih
mencintai keunikan bangsa lain
E.
Malu mengakui kebudayaannya sendiri.
39. Salah satu tokoh gereja Katolik yang
bersumbangsih terhadap bangsa dan negara Indonesia yang dikehendaki Tuhan yakni
....
A. T.B
Simatupang
B. Dr. Sam
Ratulangi
C. Dr. Johannes
Leimena
D. Laksamana
Adi Sutjipto
E. Wolter
Monginsidi
40. Cermati teks kitab suci berikut.
4:18 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh
sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang
miskin; dan Ia telah mengutus Aku.4:19 untuk memberitakan pembebasan
kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk
membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat
Tuhan telah datang.”
Dari kutipan
teks Kitab Suci tersebut mana yang merupakan contoh konkrit tindakan yang
menunjukkan keterpanggilan gereja dalam membangun bangsa dan negara ialah
.…
A. Gereja menolong orang miskin yang terpinggirkan hanya untuk mencari
perhatian orang-orang disekitar gereja.
B. Gereja menolong orang miskin yang sangat membutuhkan saat gereja memiliki
dana saja.
C. Gereja menolong orang miskin yang sangat membutuhkan dengan
pertimbangan-pertimbangan.
D. Gereja menolong orang miskin yang sangat membutuhkan
dengan terbuka tanpa adanya kepentingan apapun.
E. Gereja menolong orang miskin yang sangat membutuhkan demi keberlangsungan
gereja tersebut.
II.
Essay.
1.
Jelaskanlah
usaha-usaha yang dapat dibuat/dilakukan dalam rangka pembinaan suara hati?
2.
Sebutkan contoh mewujudkan
keapostolikkan Gereja dalam hidup sehari-hari?
3.
Perhatikan kasus Euthanasia dibawah ini :
“Sebuah permohonan untuk melakukan
euthanasia pada tanggal 22 Oktober 2004 telah diajukan oleh seorang suami
bernama Panca Satria Hasan Kusuma karena tidak tega menyaksikan istrinya yang
bernama Agian Isna Nauli, 33 tahun, tergolek koma selama 3 bulan pasca operasi
Caesar dan disamping itu ketidakmampuan untuk menanggung beban biaya perawatan
merupakan suatu alasan pula. Permohonan untuk melakukan euthanasia ini diajukan
ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.Kasus ini merupakan salah satu contoh bentuk
euthanasia yang diluar keinginan pasien.Permohonan ini akhirnya ditolak oleh
Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dan setelah menjalani perawatan intensif maka
kondisi terakhir pasien (7 Januari 2005) telah mengalami kemajuan dalam
pemulihan kesehatannya”. (Jakarta – Indonesia)
Berdasarkan artikel diatas sikap apa yang tepat dan perlu dilakukanuntuk
menghargai hak hidup manusia itu?
4.
Berikanlah contoh minimal 3 (tiga) sikap baik dalam bekerja
sesuai dengan iman Katolik?
5.
Sebutkan 2 contoh bentuk kondisi-kondisi bangsa negara
Indonesia yang sudah sesuai dengan kehendak Tuhan?
KUNCI
USBN KATOLIK
SOAL
UTAMA
1. E
2. D
3. C
4. E
5. C
6. E
7. B
8. D
9. E
10. D
|
11. E
12. A
13. D
14. C
15. D
16. A
17. B
18. C
19. E
20. C
|
21. A
22. E
23. D
24. B
25. E
26. B
27. C
28. C
29. D
30. B
|
31. A
32. B
33. D
34. C
35. B
36. A
37. C
38. C
39. D
40. D
|
ESSAY
1.
5 usaha-usaha
yang dapat dibuat/dilakukan dalam rangka pembinaan suara hati yakni:
-
mengikuti suara hatinya yang benar dan mengidahkan yang
tidak sesuai dengan suara hati yang baik.
-
Mencari sumber-sumber yang baik melalui cara membaca KS,
buku-buku yang bermutu.
-
Mengikuti retret, rekoleksi untuk membina suara hatinya.
-
Bertanya/berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki
pengalaman dan pengetahuan (Romo,Psikolog)
-
Melakukan koreksi dan intropeksi terhadap diri sendiri.
( nilai skor 5)
2.
Contoh usaha mewujudkan
keapostolikkan Gereja dalam
hidup sehari-hari yakni :
a.
Senantiasa setia dalam pengajaran injil.
b. Menafsirkan
dan mengevaluasi situasi konkrit dengan mengikuti iman Para Rasul.
c.
Setia dan royal pada ajaran dan hirarki gereja.
( nilai skor 5)
3.
Sikap yang tepat dan perlu dilakukan untuk menghargai hak
hidup manusia itu ialah tidak melakukan niat utk melakukan tindakan Euthanasia
baik itu atas kemauan sendiri maupun orang lain, melainkan kita serahkan
sepenuhnya atas kehendak Tuhan atas kematian itu dan bukan atas kemauan dan
kehendak kita atau orang lain.
( nilai skor 5)
4.
3 (tiga) sikap baik dalam bekerja sesuai dengan iman Katolik ialah:
a.
Tidak memilih-milih pekerjaan: janganlah kita memilih-milih pekerjaan yang
menurut kita bisa menghasilkan gaji yang besar saja namun untuk menambah
pengalaman yang luas.
b.
Bersikap Jujur : dalam meniti karir dalam bekerja diperlukan sikap jujur
agar kita selalu mampu dipercaya dan bisa menunjukkan keprofesionalan kita
dalam pekerjaan yang kita geluti itu.
c.
Bersikap disiplin: dalam bekerja sangat dibutuhkan kedisiplinan dalam
mengerjakan pekerjaan dari semenjak kita mulai bekerja hingga selesainya. Jadi
kedisplinan sangat diperlukan untuk menunjang karir kita kedepan.
(
nilai skor 5)
5.
Contoh bentuk kondisi-kondisi bangsa negara Indonesia yang sudah sesuai
dengan kehendak Tuhan yang baik itu:
a. Kondisi bangsa Indonesia yang
aman dan damai dan terhindar dari segala kerusuhan dan perang.
b. Adanya sikap saling toleransi
antar agama yang sudah tercipta untuk menghindari konflik antar agama di
Indonesia.
c. Adanya dialog dalam menanggulangi
kesalahpahaman dalam hidup bersama sehingga memupuk kerukunan antar umat
beragama di indonesia
( nilai skor 5)
No comments:
Post a Comment